Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.
                                                                     

Apa itu Monitor, fungsi dan jenis-jenisnya

                       

monitor adalah

Monitor adalah perangkat keras bagian output yang berfungsi menampilkan hasil proses dari komputer berbentuk teks, vidio maupun gambar. Perangkat keras ini merupakan salah satu yang terpenting dalam komputer, karna tanpanya perangkat komputer akan sangat sulit di oprasikan.

Fungsi

Monitor mimiliki fungsi untuk menampilkan hasil yang telah di proses oleh komputer agar dapat di lihat oleh pengguna. Fungsi lainnya yaitu menampilkan preview perintah user kepada komputer dan juga menu-menu dari komputer.

Dalam menampilkan output dari komputer, kualitas monitor di pengaruhi dalma 3 hal yaitu resolusi, panjang diagonal dan color gamut.

Resolusi merupakan lebar dan tinggi pixel dari monitor, contoh monitor dengan resolusi Full HD atau 1080p memiliki besaran 1920 x 1080.

Panjang diagonal monitor di gunakan untuk menentukan besar dan di nyatakan dalam satuan inchi.

Color gamut adalah rentang warna yang dapat di hasilkan untuk di lihat oleh mata manusia. Semakin lebar rentang warna maka semakin akurat warna yang di tampilkan. Standarisasi warna yang di pakai saat ini adalah sRGB, Adobe RGB, NTSC dan DCI-P3.

Jenis-jenis monitor

  1. CRT (Chatode Ray Tube)

CRT atau lebih di kenal dengan monitor tabung, bekerja dengan cara memancarkan elektron dari media tabung sinar katoda. CRT saat ini sudah mulai di tinggalkan karna ukurannya yang cukup besar dan memerlukan lebih banyak energi listrik untuk beroprasi.

2. LCD (Liquid Crystal Display)

LCD bekerja dengan memancarkan cahaya melalui kristal cair sehingga panel-panel datar akan terbentuk. Jenis panel ini memiliki kelebihan dari CRT dengan menghasilkan resolusi dan kualitas gambar yang lebih tinggi. LCD juga memiliki ukuran yang lebih tipis karna tidak memerlukan tabung vakum untuk menghasilkan gambar.

3. LED (Light Emitting Diode)

LED menggunakan lampu dioda untuk menghasilkan cahaya yang membentuk pixel-pixel. Panel ini memiliki ukuran yang paling tipis dari jenis lain karna hanya perlu menempatkan lampu dioda. Namun jenis ini memiliki biaya produk lebih mahal dari dua jenis monitor di atas.

4. Monitor Plasma

Jenis ini menghasilkan gambar dengan meletakkan gas neon ataupun xenon antara dua plat kaca. biaya produksi jenis ini adalah yang terbesar di antara jenis lain sehingga harganya menjadi yang paling mahal.

Simpulan

Dari 4 jenis yang ada, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita perlu memilih jenis panel yang di gunakan sesuai dengan kebutuhan dan dana yang kita miliki.

Sekian dulu pembahasan yang dapat MiVa bagikan untuk kali ini. semoga kita dapat lebih memahami apa itu monitor dan jenis-jenisnya. Terima kasih telah berkunjung, MiVa undur diri.

Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.