Al Hadiid ingin liburan sambil koloran. ingin hidup sederhana namun berkecukupan dan ingin berbagi ke sesamanya.
                                                                     

Cara Instal Ulang Laptop Paling Mudah Tanpa Ribet

                       

cara instal ulang laptop

Vaganzer mungkin sering bertanya, mengapa sih harus instal ulang laptop serta bagaimana cara instal ulang laptop ? Menurut MiVa terdapat penyebab mengapa laptop wajib instal ulang. Umumnya, pemakainya menginginkan untuk menggunakan OS dengan terbaru. Selanjutnya, OS yang saat ini sobat pakai mengalami banyak masalah seperti tidak kompatibel maupun masalah lainnya.

Baca Juga:

Berikutnya, kemampuan laptop yang tidak cocok dengan sistem operasi juga berpengaruh dengan kinerjanya. Hal lain seperti virus, malware, maupun booting yang terlalu lama juga menjadi penyebab laptop sobat wajib instal ulang.

Supaya vaganzer tidak mengalami masalah ketika instal ulang perangkat maka MiVa berikan ulasan terkait cara instal ulang laptop secara mudah tanpa ribet. Yuk, sobat ikutin infonya di bawah ini.

Cara Instal Ulang Laptop Untuk Beragam Merek

cara instal ulang windows 10

Proses instal ulang laptop dapat sobat lakukan dengan CD maupun flashdisk. Sobat dapat menentukan sesuai dengan situasi saat ini, yang maksudnya adalah efisien atau tidaknya.

Sebagai contoh cara instal ulang windows 10 tanpa DVD atau dengan flashdisk, sobat pilih karena CD/DVD ROM laptop tidak berfungsi atau rusak. Di lain sisi, mungkin sobat penasaran mengenai langkah instal laptop untuk merek yang berbeda – beda.

Baca Juga: Cara Mengecek Spek Laptop

MiVa memberikan informasi di sini mungkin terbatas hanya untuk sobat yang menggunakan OS windows. Bagi vaganzer yang menggunakan MacBook, mungkin akan MiVa paparkan di lain waktu. Jadi, pengguna MacBook sabar dulu ya.

Langkah Persiapan Sebelum Instal Ulang Laptop

Tahap awal sebelum sobat melakukan instal ulang yaitu memastikan laptop dalam kondisi prima yakni power penuh. Supaya lebih baiknya, sobat pasangkan kabel ke sumber daya. Alasannya adalah, agar power selalu tersuplai ketika instalasi berjalan.

Back Up Data Drive C

Sebelum sobat mempraktekkan cara instal ulang laptop, sobat wajib memastikan partsi drive C masih cukup untuk untuk sobat pakai. Mengapa hal ini kita lakukan? Ketika sobat melakukan instal ulang, partisi akan melakukan formating data dengan OS yang baru.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Selanjutnya, sekalipun sobat mempraktekkan cara instal ulang laptop windows 10 atau windows 8 juga tetap wajib memastikan drive C. Nah, bagi pengguna yang masih tergesa – gesa untuk melakukan instal ulang OS di laptop mereka akan mengakibatkan terhapusnya file penting di drive C.

Selain memperhatikan kapasitas drive C, vaganzer juga wajib melakukan back up data agar file – file penting tidak terhapus saat instalasi berjalan. Mengenai proses back up sendiri, dapat vaganzer lakukan dengan memindahkan file ke drive lain atau mungkin bisa juga ke flashdisk maupun hardisk eksternal.

File Master Instalasi OS

Jika sobat menginstal ulang dengan OS yang baru maupun yang sama, bagaimanapun itu sobat wajib menyiapkan file master terlebih dahulu sebelum menginstal di laptop sobat.

Apabila instal ulang memakai CD, maka semestinya sobat mempunya file master OS dalam CD. Selanjutnya, jika sobat menggunakan flashdisk maka flashdisk tersebut wajib menjadi bootable.

Cara Instal Ulang Laptop Tanpa CD

Cara Instal Ulang Laptop Tanpa CD

Vaganzer yang mempraktekkan cara instal ulang laptop dengan flashdisk seharusnya menyiapkan flashdisk minimal berkapasitas 8 GB. Mengenai versi dari file OS semestinya dalam bentuk .iso.

Untuk mengatasi hal tersebut, sobat dapat menggunakan aplikasi Win to Flash supaya file tersebut menjadi bootable.

Cara Memasukkan File Instalasi ke Flashdisk

Lebih awal, pemeriksaan gawai yang vaganzer miliki sangatlah penting. Apakah sobat menggunakan windows versi 32 bit atau 64 bit, hal tersebut perlu sobat ketahui karena setiap file master wajib sesuai dengan kinerja laptop tersebut.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop

Selanjutnya, vaganzer wajib instal software burning apabila belum mempunyai. Kemudian, vaganzer harus tau langkah – langkah membuat file instalasi OS Windows untuk flashdisk. Panduannya sebagai berikut :

  1. Masukkan flashdisk ke dalam laptop sobat.
  2. Kemudian, sobat buka software burning tadi.
  3. Pilih file master Windows yang akan vaganzer burning. (bisa dari CD Windows yang telah sobat masukkan, atau mungkin telah ada file masternya yang tersimpan dalam hardisk).
  4. Selanjutnya , sobat tata untuk posisi burning ke dalam flashdisk yang akan sobat gunakan.
  5. Klik Start Over.
  6. Usai proses selesai, cabut flashdisk dengan cara yang sesuai dengan anjuran yaitu Safety Eject Removable Media.

Berikutnya, vaganzer telah mempunya file ISO untuk instalasi Windows di dalam flashdisk. Melalui rangkaian ulasan di atas, vaganzer dapat menggunakannya untuk uji coba cara instal laptop asus, toshiba, lenovo, hp dan brand laptop lainnya yang kompatibel.

Cara Install Ulang Laptop dengan CD atau DVD

Cara Install Ulang Laptop dengan CD atau DVD
  1. Paling awal yang perlu sobat kerjakan adalah restart laptop, sebelumnya sobat wajib untuk menutup semua program yang bekerja.
  2. Ketika mengalami loading dan menampilkan logo brand dari laptop, sobat tekan tombol untuk memasuki BIOS.
  3. Sobat wajib pahami, setiap brand laptop mempunya karakter tersendiri untuk masuk ke BIOS ada yang menggunakan tombol F1, F2, maupun Esc, atau mungkin tombol lainnya. Sobat jangan sampai bingung, karena jika sobat masuk ke BIOS nanti akan ada info untuk petunjuknya.
  4. Selanjutnya, vaganzer masukkan CD/DVD instalasi ke dalam CD/DVD ROM.
  5. Sobat setel rangkaian booting CD agar menjadi bootable pertama. Untuk bagian pengaturan akan sobat temukan pada tab Boot atau Boot Device. Selanjutnya, sobat ubah rangkaiannya menjadi boot untuk CD. Kemudian, sobat keluar dari menu BIOS.
  6. Berikutnya, sobat tekan tombol secara random.
  7. Pengaturan bahasa ketika instalasi akan muncul, mengenai hal ini akan sobat atur melalui menu BIOS. Apabila sobat ingin menggunakan bahasa Indonesia, sobat dapat memilih pengaturan untuk time serta currency format.
  8. Selanjutnya, sobat akan melihat opsi sebelum proses instal windowns, yaitu Upgrade serta Custom. Kemudian, pilih custom apabila ingin menginstal seperti biasanya, namun jika ingin upgrade versi OS, sobat pilih opsi upgrade yang pertama tadi. Akan tetapi, pilihan tersebut jarang sekali dipilih.
  9. Setelah itu, sobat wajib mengatur partisi yang wajib sobat berhati – hati
    apakah ingin memformat semua data atau mengabaikan data lama.
  10. Jika telah usai untuk mengatur partisi instalasi serta melakukan format data, sobat tekan Next maka selanjutnya laptop akan melakukan restart dalam jeda waktu kurang waktu 10 detik.
  11. Usai restart, tampilan layar laptop akan kembali hidup dan kembali tampil tulisan press any key to boot from CD or DVD. Sobat abaikan informasi tersebut, karena proses awal instal ulang sudah selesai. Kemudian, sobat tunggu sampai loading serta layar menayangkan info tampilan dari OS yang baru saja vaganzer instal.
  12. Berikutnya sobat atur untuk nama pengguna, nama komputer, serta sekalian password.
  13. Perlu juga sobat pastikan untuk memasukkan kode serial number OS yang baru saja sobat instal.
  14. Kemudian, sobat klik menu Windows Update serta pilih User Recommended Settings, apabila sobat memang menggunakan Windows original maka akan muncul informasinya.
  15. Perlu juga vaganzer periksa ulang pada bagian pengaturan waktu seperti jam, tanggal, serta lainnya.

Baca Juga: Cara Download Game di Laptop

Nah, kini laptop sobat telah terinstal ulang, maka selanjutnya sobat akan merasakan hal yang lebih lega ketika menggunakan laptop saat ini layaknya laptop yang masih baru.

Cara Instal Ulang Windows dengan Hardisk Eksternal

Cara Instal Ulang Windows dengan Hardisk Eksternal

Faktanya, panduan untuk instal ulang dengan hardisk eksternal masih persis dengan tutorial instal ulang dengan flashdisk. Namun yang jadi letak titik beda di sini mengenai perangkatnya, yakni satunya dengan flashdisk sedangkan satunya dengan hardisk eksternal.

Mengenai pengaturan booting device, sobat masuk ke BIOS kemudian pilih hardisk eksternal atau mungkin flash disk untuk booting device. Selanjutnya pilih simpan untuk melanjutkan proses instalasi.

Kemudian memasukin langkah akhir dari proses instalasi ini yaitu dengan menginstal driver laptop. Perlu vaganzer pahami, untuk menjalankan perangkat-perangkat yang terdapat dalam laptop perlu namanya software atau perangkat lunak. Sebagai contoh untuk menjalankan keyboard, mouse, maupun yang lainnya harus menggunakan driver.

Untuk menginstal driver laptop, vaganzer perlu menyediakan CD/DVD driver yang sudah bawaan laptop. Setelah itu sobat masukkan ke CD atau DVD Room kemudian sobat ikuti instruksi sesuai dengan panduan dalam CD/DVD tersebut.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi di Laptop atau PC

Pada umumnya, pengguna OS Windows 10 jarang sekali melakukan instalasi driver. Hal ini memiliki sebab, OS Windows 10 sudah mempunyai fitur otomatis untuk mendeteksi komponen yang terdapat dalam laptop.

Akan tetapi, akan lebih baiknya apabila sobat tetap melakukan instalasi driver agar kinerja laptop terasa lebih baik lagi. Selanjutnya, apabila suatu misal sobat tidak memiliki CD/DVD driver bawaan laptop akan membuat kerisauan bagi sobat sendiri.

Kehilangan CD/DVD driver, memang masalah tetapi tetap ada pemecahannya. Caranya, cukup sobat instal aplikasi pencari driver atau mungkin coba lakukan cek secara manual satu persatu untuk mendeteksi driver setiap komponen lalu cari dan download dari internet melalui situs devid.info.

Baik, uraian di atas merupakan cara instal ulang untuk semua jenis brand dari laptop. Kemudian, vaganzer dapat mengaplikasikan cara instal ulang laptop Acer, Asus, Toshiba, HP, serta brand – brand PC lainnya dengan Windows.

Tidak perlu merepotkan diri untuk mencari orang untuk melakukan instal ulang. Akan tetapi, jangan terlalu sering juga melakukan instal ulang karena tidak baik untuk kinerja laptop sobat.

Baca Juga: Cara Screenshot Laptop atau Komputer

MiVa mohon maaf, apabila artikel di atas masih belum memuaskan hati vaganzer sekalian. Jika sobat, mempunyai kritikan, saran, maupun usulan bagi MiVa beserta tim mohon kiranya menyediakan waktu untuk mengisi kolom komentar di bawah ini supaya kita semua lebih bersemangat lagi. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke media sosial sobat ya, terima kasih.

Baca Juga:
Al Hadiid
Al Hadiid ingin liburan sambil koloran. ingin hidup sederhana namun berkecukupan dan ingin berbagi ke sesamanya.