Rian Kustanto Seorang Penulis yang akan memberikan informasi seputar Tekno.
                                                                     

Cara Cek IMEI Samsung dengan Mudah dan Akurat!

                       

Cek IMEI Samsung

Sama sama kita ketahui bahwa IMEI adalah kode pada yang terdapat pada sebuah perangkat HP yang memiliki banyak fungsi seperti cek keaslian HP dan melacak keberadaan HP tersebut. Kali ini Miva akan membahas tentang cara cek IMEI samsung.

Baca Juga:

Tapi sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara cek IMEI Samsung, Miva akan menjelaskan pengertian dan fungsi IMEI agar Vaganzer lebih paham tentang pentingnya mengetahui kode IMEI suatu perangkat yang Vaganzer pakai.

Pengertian & Fungsi kode IMEI pada HP, Tablet dan Perangkat Lainnya

cara cek imei hp samsung

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Sesuai dengan namanya, IMEI adalah kode unik sebagai identitas yang terdapat pada ponsel secara Internasional. Jadi, seluruh ponsel yang ada didunia ini memiliki kode IMEI sendiri-sendiri.

Oleh sebab itu, setiap ponsel pasti memiliki kode IMEI yang berbeda beda. Kode IMEI biasanya terdiri dari 14 sampai 16 angka. Namun kebanyakan HP saat ini terdiri dari 16 angka.

Fungsi utama kode IMEI adalah sebagai Identitas ponsel. Selain itu, Vaganzer juga dapat mengecek keaslian HP melalui kode IMEI, serta memblokir jaringan jika ada yang mencuri ponsel Vaganzer dan dapat melacak keberadaan ponsel tersebut menggunakan kode IMEI.

Mengingat pentingnya kode IMEI pada suatu perangkat, wajib hukumnya bagi Vaganzer untuk mengetahui kode IMEI perangkat yang sedang Vaganzer pakai.

Bagi Vaganzer pengguna HP Samsung, ada beberapa cara untuk cek IMEI Samsung terdaftar atau tidak yang sudah Miva rangkum berikut ini.

Cara Cek IMEI HP Samsung

cek imei samsung asli

1. Cek IMEI Samsung dengan Kode Dialing

Salah satu cara untuk cek IMEI adalah dengan menggunakan kode dialing. Mungkin sebagian orang tidak mengetahui cara ini. Karena pada dasarnya kode IMEI dapat dilihat dari dusbook nya.

Tetapi, bagi Vaganzer yang sudah tidak memiliki dusbook atau hilang dapat menggunakan cara ini.

Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mengetikkan kode *#06# pada papan panggilan kemudian klik “Call” atau “Panggil”.

Maka akan muncul kode IMEI perangkat tersebut. Jika perangkat yang Vaganzer gunakan mendukung Dual SIM-Card, maka akan ada dua kode IMEI yang akan muncul.

2. Cek Kode IMEI Samsung Melalui Setelan

Selain menggunakan kode *#06#, Vaganzer juga dapat melakukan cara ini untuk mengetahui kode IMEI perangkat yang Vaganzer gunakan. Berikut caranya :

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan
  2. Lalu cari dan Pilih About Phone atau Tentang ponsel
  3. Kemudian pilih Status
  4. Scroll ke bawah, Vaganzer akan menemukan tulisan IMEI. Nah, itulah kode IMEI perangkat yang sedang Vaganzer gunakan

Cara ini juga berlaku bagi Vaganzer yang sudah tidak memiliki dusbook perangkatnya.

3. Melalui DusBook

Cara mengecek kode IMEI yang paling umum adalah dengan cara melihat kode IMEI yang tertera pada dusbook perangkat. Namun, Vaganzer juga harus memastikan bahwa kode IMEI yang tertera pada dusbook harus sama dengan yang tertera pada perangkat.

Vaganzer juga dapat melihat rincian sebuah perangkat menggunakan kode IMEI secara online melalui website. Berikut caranya :

Cek IMEI Samsung di Website

cek imei samsung online

Setelah mendapatkan kode IMEI nya, supaya Vaganzer lebih yakin tentang keaslian dan memastikan perangkat tersebut sudah sesuai, Vaganzer dapat melakukan pengecekan kode IMEI secara online melalui website.

Cara nya cukup mudah, silahkan kunjungi www.imei.info samsung (bisa menggunakan HP, Laptop atau komputer). Setelah terbuka, akan muncul sebuah kolom. Isikan kode IMEI HP yang akan Vaganzer cek, kemudian klik CHECK.

Setelah itu, akan muncul rincian dari HP tersebut mulai dari tanggal rilis, Perusahaan, tipe dan spesifikasi HP hingga komentar pengguna.

Nah, itulah cara mengetahui dan mengecek IMEI Samsung yang perlu Vaganzer lakukan jika ingin melihat keaslian serta rincian sebuah perangkat.

KESIMPULAN

Setelah mengetahui pentingnya kode IMEI pada ponsel, alangkah baiknya jika kita mengetahui kode IMEI ponsel yang sedang kita pakai.

Memang sulit untuk menghafalnya, namun setidaknya kita mencatat dan menyimpannya. Vaganzer juga bisa menyimpannya pada perangkat lain milik saudara atau teman misalnya. Karena, jika suatu saat nanti ponsel hilang ada yang mencuri, Vaganzer dapat melacak keberadaan ponsel tersebut menggunakan kode IMEI.

Menurut Miva, mengecek IMEI perangkat yang paling mudah adalah menggunakan kode *#06#. Karena cukup cepat, praktis dan tidak ribet.

Tetapi, bagi Vaganzer yang ingin membeli HP baru, tidak mungkin untuk bisa mengecek kode IMEI menggunakan kode *#06#. Namun, Vaganzer bisa melihat kode IMEI yang terdapat pada dusbook dan untuk memastikannya, Vaganzer dapat mengecek kode IMEI tersebut secara online.

Itulah saran yang bisa Miva berikan. So, bagi yang belum mengecek kode IMEI HP Samsung kalian , yuk cek sekarang juga.

Baca Juga:
Avatar
Rian Kustanto Seorang Penulis yang akan memberikan informasi seputar Tekno.