Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.
                                                                     

Cara Cek Imei Xiaomi, HP Kekinian Harga Murah Terbaik

                       

cek imei xiaomi

Sebelum kita masuk ke pokok bahasan cara untuk melakukan cek imei pada HP Xiaomi baik seri Redmi ataupun Mi, sebaiknya ketahui dulu apa sebenarnya IMEI itu.

International Mobile Equipment Identity atau biasa disebut IMEI adalah kode unik yang ada di perangkat HP dan berfungsi sebagai identitas handphone yang diakui secara internasional.

Jadi untuk lebih jelasnya semua HP di seluruh dunia tentunya resmi memiliki kode IMEI yang unik, yang artinya menandakan legalitas resmi sebuah ponsel. Kode IMEI yang ada di setiap ponsel pasti tidak akan pernah sama dengan perangkat ponsel lainnya.

Sama seperti merk HP lainnya, HP Xiaomi juga memiliki nomor IMEI yang sudah terpasang di masing-masing HP. Setiap perangkat HP memiliki 1 kode unik, kecuali Dual SIM HP yang memiliki 2 kode IMEI.

Kemudian, kode IMEI ini juga bisa kamu gunakan saat membeli HP bekas agar nantinya bisa memastikan keaslian perangkat yang ingin kamu beli, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu rasakan jika sudah mengetahui kode IMEI tersebut. Karena banyak HP Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia merupakan smartphone blackmarket, terutama pada hp Xiaomi flagship seperti Xiaomi Mi Mix 3, Mi 9, dan Redmi K20 dll.

Cara Cek IMEI Xiaomi untuk Semua Tipe

Ada beberapa cara yang boleh Anda gunakan untuk bisa cek imei xiaomi baik seri Redmi ataupun Mi misalnya ada Poco C3, Xiaomi Mi 10T Pro 5G, Xiaomi Mi 10T 5G, Xiaomi Mi 10T Lite 5G, Redmi 9i, Poco M2, Poco X3 NFC, Xiaomi Mi 10 Ultra, Poco X3, Redmi K30 Ultra, Redmi 9 Prime, Redmi 9A, Black Shark 3S, Redmi K30 5G Racing, Redmi 10X 4G dan banyak lagi tipe lainnya, maka pilih salah satu diantara yang lebih mudah untuk dilakukan. Mari kita simak penjelasan ini hingga akhir.

1. Cara Cek IMEI Xiaomi dengan Kode *#06#

kode cek xiaomi

Cek imei xiaomi Indonesia yang pertama adalah dengan menggunakan kode rahasia yang dapat Anda ketik pada Dial Pad. Caranya mudah sekali, silahkan tap pada panggilan, kemudian ketik kode *#06#. Setelah itu, nomor IMEI HP Xiaomi Anda akan muncul secara otomatis.

Cara di atas juga bisa Anda gunakan untuk berbagai merek smartphone android lainnya. Misalkan Smartphone Samsung, Asus, dan masih banyak merek lainnya. Bila Anda ingin mengecek IMEI di HP Samsung? Silahkan Anda baca tutorial mengenai cara cek IMEI Samsung.

2. Cek IMEI Menggunakan Kode *#*#4636#*#*

cara cek imei

Sama halnya dengan cara yang di atas, namun ada juga lagi kode rahasia yang berbeda. Caranya yakni Anda tap pada panggilan, kemudian ketik kode *#*#4636#*#*.

Lalu Anda boleh pilih informasi telepon 1 (SIM 1) ataupun informasi telepon 2 (SIM 2), setelah itu, Anda pilih salah satu opsi, yang nantinya nomor IMEI akan muncul setelah Anda memilih informasi telepon tesebut.

3. Cek Dus IMEI HP Xiaomi

cek keaslian xiaomi

Ketika Anda membeli HP Xiaomi, tentunya Anda akan mendapatkan dusbook yang didalamnya berisi buku petunjuk penggunaan, charger, dan lain sebagainya.

Pada kotak dusbook tersebut, terdapat beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui. Salah satunya yaitu nomor IMEI. Silahkan Anda cari kotak dusbook dan cari nomor IMEI-nya pada kotak tersebut.

4. Cek IMEI di Body HP

cek imei xiaomi tam

Cek imei xiaomi garansi tam ternyata juga bisa Anda lihat pada body HP. Biasanya sih ketika Anda membeli HP, Anda akan mendapatkan beberapa stiker yang menempel yang terdapat di bagian belakang body ponsel Xiaomi. Di dalam stiker itu berisi berbagai informasi mengenai produk, dan salah satunya yakni nomor IMEI.

Selain ada di bagian belakang body, biasanya nomor IMEI melekat di baterai ponsel Xiaomi. Coba Anda buka casing HP Xiaomi, kemudian lihat stiker yang melekat pada baterai ponsel Anda.

5. Cek IMEI Xiaomi Lewat Pengaturan

cara cek imei hp xiaomi

Menu pengaturan di HP, selain digunakan dalam mengatur berbagai hal juga digunakan untuk dapat melihat informasi penting yang ada pada ponsel Xiaomi. Salah satunya yakni informasi nomor IMEI.

Caranya cukup mudah, Anda hanya buka menu Pengaturan / Settings. Seteah itu, buka menu Tentang Ponsel / About Phone. Kemudian pilih Status dengan dilanjutkan dengan memilih opsi Informasi IMEI / IMEI Information. Selesai!

6. Cek IMEI pada Mode Engineer

cek garansi xiaomi

Mode Engineer yaitu sebuah mode yang biasa dipakai untuk melakukan cek imei xiaomi resmi. Pada mode ini Anda boleh melihat kondisi hardware HP dengan cara keseluruhan. Selain itu, dengan menggunakan mode ini Anda juga dapat melihat informasi kode IMEI pada HP Anda.

Cara untuk bisa masuk ke Mode Engineer langkah pertama yaitu buka menu Pengaturan / Settings. Kemudian pilih Tentang Ponsel / About Phone, lalu tap beberapa kali pada Versi Kernel. Maka akan muncul Mode Engineer. Untuk cek IMEI Anda bisa melihatnya pada menu SW and HW Version.

7. Cek IMEI dengan Aplikasi Tambahan

cek imei xiaomi terdaftar atau tidak

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk bisa cek imei xiaomi online yaitu dengan memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga yakni Cek IMEI Legal Kemenperin yang bisa Anda download langsung melalui Google Play Store.

Namun karena secara fungsi masih sama, Anda dapat menggunakan aplikasi manapun yang Anda inginkan. Nah, di contoh kali ini saya menggunakan aplikasi Cek IMEI Legal Kemenperin dari pengembangnya yang bernama Natar Developer.

Berikut ini adalah caranya sederhananya:

Silahkan Anda download aplikasinya di Playstore terlebih dahulu. Boleh lewat link berikut ini: Cek IMEI Legal Kemenperin. Kemudian Anda buka aplikasinya, Lalu Cek IMEI HP anda, apakah berasal dari pasar resmi atau blackmarket, berdasarkan database dari Kemenperin.

Cara Mengetahui Keaslian Xiaomi

Nah, setelah Anda mengetahui kode IMEI tersebut, selanjutnya bagaimana cara untuk cek imei xiaomi asli atau palsu?

Untuk HP Xiaomi sebenarnya sangat simpel sekali. Karena sudah ada situs khusus (resmi) yang dapat Anda gunakan. Caranya adalah silahkan Anda kunjungi halaman di situs mi.com, kemudian masukkan kode yang sudah dicatat tadi, dan klik verify.

Apabila sudah, maka nantinya bakal muncul informasi HPnya. Pastikan jika informasi tersebut telah sesuai dengan tipe dan spesifikasi dari HP yang Anda dipakai.

Ada banyak sekali aplikasi yang boleh Anda gunakan untuk bisa mengecek IMEI, Anda hanya perlu memilih aplikasi mana saja yang Anda ingin gunakan. Atau anda bisa juga menggunakan cara cek imei xiaomi di web atau di kementerian perindustrian

Cara ini juga sangat cocok bagi Anda yang malas menggunakan berbagai cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Penutup

Sekian dulu informasi yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana cara cek IMEI Xiaomi untuk semua tipe ( Poco C3, Xiaomi Mi 10T Pro 5G, Xiaomi Mi 10T 5G, Xiaomi Mi 10T Lite 5G, Redmi 9i, Poco M2, Poco X3 NFC, Xiaomi Mi 10 Ultra, Poco X3, Redmi K30 Ultra, Redmi 9 Prime, Redmi 9A, Black Shark 3S, Redmi K30 5G Racing, Redmi 10X 4G, dll.).

Semoga informasi ini bisa membantu Anda dan bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.