Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.
                                                                     

Fitur Baru Windows 11 Mulai Dari Tampilan Hingga Gaming Experience

                       

Windows 11 telah resmi hadir dan memiliki banyak fitur baru yang di berikan oleh Microsoft. Tak hanya memberikan fitu baru untuk windows 11, microsoft juga merubah UI dengan cukup signifikan.

Fitur baru yang di berikan di antanya adalah untuk meningkatkan gaming experience, perubahan pada microsoft store hingga kompatibilatas untuk penginstalan aplikasi android secara langsung tanpa emulator.

Berikut daftar pembaharuan untuk UI dan fitur windows 11, antara lan:

User Interface

perubahan dari user interface Windows 11 adalah hal yang paling bisa di rasakan karena bentuknya visual. Di sini Microsoft membuat sebuah keputusan yang cukup krusial. Mereka memindahkan tombol Windows ke tengah bersama dengan icon-icon lainnya. Biasanya tombol Windows di pojok kiri itu sudah seperti identitas windows sendiri karena Microsoft tidak pernah merubah penempatan tombol tersebut.

Dengan penempatan yang berada di tengah jadinya mirip seperti OS kompetitor mereka. Salah satu alasan pemindahan ini agar mempermudah pengguna ultrawide monitor. Menu yang berada di pojok pastinya akan menyusulitan meng-Klik tombol Windows dengan layar seluas itu. Perubahan penempatan ini juga untuk mempermudah user experience penggunaan layar touchscreen. Penempatan ini juga memudahkan interaksi kecil pada taskbar Windows 11  ada ketika memasuki mode tablet.

berbicara touch screen pada Windows 11 juga memberikan pengalaman swipe dan touch yang lebih baik. Untuk tombol Windows yang berada di tengah taskbar, kita masih bisa memindahkan ke pojok kiri kalau sudah terbiasa dengan penamatan seperti itu.

Windows 11  juga memberikan pengalaman multiple Windows yang lebih baik. di mana ketika kita ingin melakukan multiple Windows. Nantinya Windows 11 akan memberikan pilihan berbagai layout. kita tinggal memilih multiple Windowsnya mau di atur Seperti apa.

Saat kita sedang membuka multipe Windows di motor lain misalnya kita pakai multi monitor, ketika extra motor yang di disconnect multipe Windows yang buka di monitor tersebut tidak akan hilang. Melainkan akan tersimpan dan bisa di buka kembali ketika extra monitor di hubungkan Kembali.

Microsoft Store

Microsoft akhirnya merombak total stor yang mereka miliki pada Windows 11. Pada Windows 11  memiliki perombakan UI dan juga konten yang bisa di cari semakin beragam. Yang menarik yakni adalah pada Microsoft Word kita bisa mencari aplikasi Android sekaligus menjalankan aplikasi tersebut.

di sini Microsoft kerjasama dengan Amazon Appstore untuk menyediakan aplikasi aplikasi Android. Jadi mungkin tidak semua aplikasi Android yang anda Harapan di Google Play Store akan ada di sini nantinya. Kalau melihat Amazon app store nya sendiri sih Miva rasa cukup banyak sih aplikasi Android nya. Tapi belum jelas juga nih Apakah semua aplikasi bisa di jalankan atau Hanya beberapa saja. Nah tentu nantinya kita juga akan Butuh akun Amazon supaya dapat menginstal aplikasi Android tersebut.

Microsoft juga mengatakan bahwa untuk merealisasikan hal ini mereka menggunakan sebuah compiler yang diciptakan oleh Intel yang di namakan Intel Bridge teknologi. Sebagaimana kita tahu OS Android berjalan pada arsitektur arm dan pindah sendiri sebagai besar berjalan pada arsitektur x86. Jadi tentu butuh sebuah compiler untuk menjalankan aplikasi yang dibuat pada arsitektur CPU yang berbeda. Tapi tenang aja walaupun compiler yang di buat oleh Intel CPU Amd  tetap bisa menikmati aplikasi Android pada Windows 11.

Instal aplikasi android Tanpa Emulator

Dalam pembaharuan yang di bawa oleh windows 11 telah di bekali Amazon Appstore yang dapat di gunakan untuk mencari dan menginstall apikasi android. Namun cukup di sayangkan hingga saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk region amerika serikat dan indonesia belum kebagian untuk fitur tersebut.

Untuk bisa mengakali hal tersebut kita bisa menginstal Windows Subsystem for Android. Memang sedikit merepotkan namun ini cukup membantu meringankan PC kita saat membuka aplikasi android nantinya.

Dengan aplikasi yang terinstal langsung maka kita tidak memerlukan emulator lagi yang biasa menghabiskan resource yang cukup tinggi di PC kita.

Fitur Windows 11 Untuk Gaming

Windowa 11 memberikan gaming experience yang lebih baik di mana Microsoft menunjukkan fitur auto HDR untuk game-game non HDR dan ini terintegrasi langsung pada OS Windows 11  jadi developer maupun user tidak perlu melakukan klik pada gamenya supaya dapat mendukung fitur ini di katakan ada 1000 lebih game yang mendukung. Tetapi kalian tetap butuh monitor HDR karena yang di ubah adalah konten di dalam game bukan monitor kalian.

Windows 11 juga sudah build in in XBox Game Pass dan Xcloud untuk Cloud gaming service. ini mempermudah bagi kalian yang ingin berlangganan atau sekedar ingin tahu layanan Xbox game pass dan Xcloud itu seperti apa dari pada harus membuka web lagi.

Direct storage API

Fitur Direct storage API yang sebenarnya adalah turunan dari consol Xbox series. Dengan fitur ini game bisa mengakses langsung dari GPU ke storage tanpa harus melewati CPU terlebi dahulu. hasilnya loadtime akan jauh lebih cepat dan mengurangi suhu CPU agar tidak overheat. fitur ini adalah salah satu fitur gaming experience yang cukup nextgen selain raytracing. tapi tentu fitur ini juga membutuhkan storage SSD nvme dan juga GPU yang mendukung DirectX12 dan shader model 6.0 untuk bisa menjalankannya. Kalian bisa cek di vendor SSD dan GPU kalian apakah device yang kalian miliki mendukung untuk fitur tersebut.

Upgrade Ke Windiws 11

Upgrade Ke Windiws 11 di berikan gratis bagi semua pengguna Windows 10. Akan tetapi walaupun begitu tidak semua pc atau laptop yang mampu menjalankan Windows 10 bisa upgrade ke Windows 11.  Untuk upgrade kalian butuh TPM 2.0 dan juga GPU yang mendukung DirectX12 dengan Windows display driver model 2.0. cara mudah supaya kalian tahu pa atau laptop mendukung Windows 11 atau tidak, kalian bisa mendownload aplikasi PC Check Healt.

Jika sudah kalian pastikan bahwa PC atau laptop kalian support untuk upgrade ke windows 11, kalian bisa melakukan upgrade dengan cara memeriksa di menu windows update. Jika tersedia pembaharuan maka akan muncul opsi “Pembaruan Fitur ke Windows 11” yang dapat kalian pilih.

Apabila opsi pembaharuan untuk windows 11 belum tersedia maka kalian harus sedikit bersabar terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir karna microsoft menjadwalkan pada tahun ini semua pengguna windows 10 telah mendapatkan opsi untuk upgrade.

Bagaimana menurut kalian mengenai OS Windows terbaru ini dan Apa PC atau laptop kalian sudah support Windows 11. Dengan beberapa fitur baru windows 11 yang di tambahkan oleh microsoft membuatnya cukup menarik untuk di coba.

Sekian dulu untuk info tentang fitur windows 11 yang dapat MiVa berikan. Semoga dapat memberi bahan pertimbangan untuk kalian yang ingin upgrade. Miva undur diri.

Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.