Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.
                                                                     

Jaringan WAN: Pengertian, Komponen dan Fungsi

                       

jaringan wan

Perkembangan teknologi kini semakin berkembang, jika dahulu menggunakan jaringan LAN kini sobat Vaganzer sudah bisa menggunakan jaringan WAN untuk menghubungkan jaringan internet dengan batas wilayah yang cukup luas.

Sehingga pada kesempatan ini MiVa akan membahas materi seputar Wide Area Netowork atau jaringan internet secara luas. Adapun materi yang akan kami sampaikan antara lain adalah pengertian WAN, fungsi, dan juga kelebihan serta kekurangan dari jaringan WAN ini.

MiVa berharap dengan terbitnya artikel ini bisa membantu Anda para pelajar SMK yang sedang mencari materi seputar WAN untuk belajar.

Pengertian Jaringan WAN

Pengertian Jaringan WAN

Dilansir dari situs wikipedia, Wide Area Network atau WAN adalah sebuah jaringan yang terdapat didalam komputer dengan kapasitas area yang lumayan luas. Sobat Vaganzer juga bisa melihat beberapa ciri-ciri pada jaringan WAN di bawah ini.

Baca juga: Jaringan LAN: Pengertian, Karakteristik, dan Fungsi

Jaringan tersebut biasanya meliputi area antar kota, provinsi, bahkan bisa mencakup seluruh wilayah negara. Adapun ciri-ciri dari Wide Area Network yang lain biasanya jaringan ini memerlukan sebuah router serta saluran komunikasi publik.

Tujuan dari dibentukan jaringan WAN ini antara lain untuk memudahkan user untuk melakukan komunikasi melalui komputer meskipun berada di wilayah yang berbeda dengan aman.

Beberapa sarana yang digunakakan supaya WAN dapat berkerja dengan baik tidak terlepas denan sebuah jaringan telepon, kabel atau sebuah satelit untuk bisa menghubungkan sinyal.

Untuk kecepatan akses WAN juga sudah lumayan baik. Biasanya kecepatan tersebut diantara angka 2Mbps sampai dengan 625 Mbps. Itu semua sangat berkaitan dengan sarana yang sudah MiVa sebutkan diatas tadai.

Selain dari beberapa pengertian diatas, nampaknya ada sudut pandang lain yang mendefinisikan WAN dengan bahasa yang berbeda namun memiliki arti yang sama. Pengertian dari Wide Area Network merupakan sebuah jaringan yang memiliki daerah luas hingga mencakup sebuah benua.

WAN bisa berfungsi dengan baik dikarenakan adanya dua buah perangkat yang terhubung dengan baik di daerah yang berbeda. Beberapa perangkat yang membantu kinerja WAN antara lain adalah DSL, Modem, ISDN dan lain sebagainya.

Komponen Jaringan WAN

Pada sebuah jaringan WAN, tidak akan terlepas dari komponen penting yang memiliki fungsi menghubungkan beberapa LAN dalam sebuah jalur komunikasi.

Baca juga: Phising : Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Cara Menghindari

Adapun perangkat tersebut adalah sebagai berikut :

Router

Komponen penting dalam WAN yang pertama adalah Router. Router ini merupakan sebuah perangkat yang mampu membantu jaringan agar dapat terintergrasi dengan baik. Alur kerja dari Router antara lain adalah meneruskan informasi dari LAN untuk ditujukan kepada interface WAN yang sesuai dengan alamat.

Selain itu fungsi router adalah sebagai media kontrol sumber daya dan membantu memberikan konektivitas yang baik serta kontrol fleksibilitas.

DSU atau CSU

Channel Service Unit atau CSU dan Data Service Unit atau DSU merupakan sebuah komponen pada jaringan WAN yang memiliki fungsi untuk mengatur sinyal dengan format yang sesuai.

Modem

Sobat Vaganzer tentu sudah tahu dengan perangkat Modem. Perangkat ini memiliki fungsi untuk memberikan sinyal, agar jaringan internet dapat diakses dari berbagai wilayah.

Communication Server

Communication Server disini memiliki fungsi sebagai perangkat yang mampu mengkomunikasikan remote untuk akses ke LAN dengan pengguna dial up.

Dengan perangkat tersebut kita juga mampu melayani lebih dari satu user secara bersamaan.

Fungsi jaringan WAN

Fungsi jaringan WAN

Untuk kegunaan jaringan WAN juga akan MiVa bahas diartikel ini. Jika sobat penasaran, silahkan baca artikel ini hingga selesai ya!

Mengkoneksikan antara jaringan MAN dan jaringan LAN menjadi satu kesatuan jaringan

Salah satu fungsi dari jaringa Wide Area Network adalah untuk menghubungkan antara LAN dan MAN. Ketika LAN dan MAN sudah terhubung, maka sobat baru bisa mengakses jaringan tersebut dibeberapa tempat.

Biasanya hal ini dilakukan untuk kegunaan kantor atau perusahaan yang memiliki wilayah yang berbeda. Meskipun dengan wilayah yang berbeda, sobat tetap bisa mengakses data secara bersamaan.

Memudahkan dan mempercepat user ketika akan mengakses informasi

Dengan sinyal dari WAN sebuah perusahaan mampu mengakses informasi dengan mudah. Selain mudah, juga sangat cepat dalam mendapatkan informasi meskipun dalam kantor atau perusahaan yang berbeda tempat.

Misalkan dua buah kantor yakni cabang dan pusat memiliki lokasi yang berbeda. Yang satu ada di sumater dan lainnya ada di sulawesi. Maka dengan Wide Area Network akan lebbih memudahkan mereka untuk bertukar informasi.

Hemat waktu dan lebih efisien

Karena akses yang begitu cepat dan mudah untuk mendapatkan informasi. Maka hal itu akan memberikan nilai plus soal Efisiensi waktu. Dari waktu yang semakin efisien maka sebuah perusahaan atau pengguna jaringan tersebut akan mampu meningkatkan kinerja mereka.

Biaya lebih murah

Dengan menggunakan WAN maka biaya yang dikeluarkan untuk aktifitas operasional maka akan semakin berkurang. Hemat atau tidaknya penggunaan saat berkaitan dengan efektifitas dan efisien pada jaringan tersbebut.

Yang dahulu ketika meminta data dengan cara mendatangi langsung, kini melalui jaringan internet WAN, sobat tidak perlu susah payah meminta data tersebut secara langsung.

Mengurangi masalah miss communication

Pada umumnya manusia akan sering keliru ketika akan menyampaikan sebuah informasi secara langsung. Entah itu memberikan informasi yang tidak lengkap, bahkan bisa jadi menambahkan informasi yang tidak penting agar terlihat lebih menarik.

Namun dengan adanya jaringan internet dengan batasan wilayah yang luas, sobat tidak perlu khawatir dengan miss communication yang akan terjadi. Pasalnya ketika kita akan berkomiunikasi melalui online, informasi tersebut dapat secara langsung kita informasikan kepada pihak terkait..

Kekurangan dan Kelebihan jaringan WAN

Ketika mengamati artikel diatas secara seksama, maka Anda akan semakin tahu mengenai jaringan WAN ini. Bisa disimpulkan WAN tidak jauh berbeda dengan jaringan LAN.

Kedua jaringan tersebut sama-sama memiliki fungsi untuk mengintergrasikan dua buah komputer atau lebih didalam satu jaringan.

Bedanya kalo LAN kita hanya bisa mengaksesnya dengan jarak yang kecil. Sedangkan kalau WAN kita bisa mengakses dijarak yang cukup luas.

Meskipun demikian jaringan WAN tetap saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu, mari sobat simak kelebihan dan kekurangan Wide Area Network berikut ini:

Kelebihan :

Dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari jaringan Wide Area Network:

  • Jangkauan jaringan yang luas
  • Dapat mengakses data yang sama secara real time
  • Mampu menjangkau wilayah kota, provinsi, negara bahkan benua
  • Akses informasi dapat didapatkan dengan mudah dan cepat
  • Mampu membagikan resource dengan Workstation

Kekurangan :

Adapun kelemahan dari WAN adalah sebagai berikut :

  • Biaya yang dikeluarkan cukup mahal
  • Alat yang dibutuhkan memiliki harga yang mahal dan sulit mengaturnya
  • Perlu perlindungan khusus agar lebih aman
  • Risiko dari ancaman oknum tidak bertanggung jawab semakin besar

Baca juga: Apa itu Malware? Tips Menghapus Malware hilang selamanya

Akhir Kata

Diatas merupakan materi pembahasan Jaringan WAN muali dari pengertian, karakter, komponen. Fungsi serta kelebihan dan kekurangan.

Semoga dengan artikel yang sudah MiVa tulis dapat bermanfaat kepada sobat Vaganzer semuanya!

Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.