Apa itu Malware? Tips Menghapus Malware hilang selamanya

                       

malware

Mengenal apa itu malware ? Malware adalah perangkat lunak dirancang dengan sengaja untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer. Malware dapat terinfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi. kenapa kita bisa terinfeksi oleh malware? Penyebab malware adalah karena user mendownload software dari tempat yang ilegal dan software tersebut sudah disisipkan oleh malware. jenis-jenis malware adalah virus, adware, trojan horse, worm, spyware, backdoor, BOTS, dan lain sebagainya. Jenis Malware ini berbeda nama, cara kerja, serta tujuan dan cara penyebarannya.

Baca Juga:

Jenis -jenis Malware dan Cara kerja nya

jenis malware

Virus

Virus ini adalah jenis malware yang mampu memanipulasi data, menginfeksi, mengubah dan merusak program komputer perusahaan. Kemampuan lain dari virus ini, yang dapat berlipat ganda dengan memasukkan salinan asal asal mula itu bagian dari program lain di komputer. Suatu jenis perangkat lunak berbahaya yang karyanya membutuhkan perantara sebagai aktivator. Biasanya, aktivator virus komputer adalah pengguna sendiri.

Worms

worms ialah program komputer yang bisa menggandakan kopian dan virus ini menyebar dengan cepat di berbagai jaringan komputer melalui port terbuka (lubang). worms bisa juga menggandakan jaringan (WAN / Internet /LAN) tanpa perlu untuk campur tangan dari user.

Backdoor

Backdoor di masukkan kedalam kode sistem ataupun program secara diam-diam sehingga pengguna tidak tahu bahwa ada backdoor pada sistem. Akibatnya, pembuat backdoor tadi dapat masuk dengan mudah dan mendapatkan hak akses ke dalam sistem user bahkan bisa mengakses keseluruhan sistem. Jenis Malware ini masuk dengan cara memanfaatkan celah Backdoor dari sebuah perangkat yang sering di selipkan melalui Worm  atau Trojan.

Trojan Horse

Trojan Horse adalah program komputer yang memiliki kemampuan yang tidak dapat di lacak dan tampaknya baik untuk di gunakan yang akhirnya merusak sistem. Malware Jenis ini memiliki kemampuan yang tidak dapat di lacak dan tampaknya baik untuk digunakan. Pada akhirnya program ini berhasil merusak sistem untuk mendapatkan informasi yang di ambil dari korban secara diam-diam dan kemudian membajaknya.

Adware

Adware adalah perangkat lunak yang menampilkan unduhan iklan yang tidak sah dan menampilkan banner pada antarmuka pengguna program saat pengguna terhubung ke internet. Malware jenis ini diam-diam di perkenalkan oleh programmer dengan kemampuan untuk mengunduh dan menampilkan materi iklan secara otomatis tanpa sepengetahuan pengguna. Adware ini umumnya berbentuk seperti iklan Pop-Up di situs.

Bots

bots bekerja secara otomatis yang kemudian berinteraksi dengan jaringan lain. Bot akan bekerja seperti cacing yang dapat menduplikasi diri mereka sendiri dan menginfeksi / menyebarkan virus ke komputer. Perbedaannya adalah bahwa BOTS membutuhkan pesanan atau arahan dari pembuat bot itu sendiri sehingga dia bereaksi. Cntohnya sperti mendapatkan informasi penting, DoS, Spam dan lain lain sebagainya.

Spyware

Secara umum, spyware adalah aplikasi yang dapat membocorkan data atau informasi tentang perilaku atau kebiasaan pengguna komputer. Program ini dapat mengumpulkan berbagai informasi tentang pengguna dan kemudian mengirim informasi ke lokasi yang telah di tentukan. Selanjutnya, informasi ini akan di berikan kepada pihak luar tanpa sepengetahuan pengguna. Biasanya spyware sering memakan bandwidth internet dengan pop up muncul dalam konten. Biasanya hal ini membuat koneksi internet terus melambat.

Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang di rancang untuk memblokir akses ke sistem ataupun data komputer. Malware jenis ini secara khusus menargetkan perusahaan / perusahaan dengan mengorbankan jaringan yang kemudian mencoba mengenkripsi semua perangkatnya. Selama penyebaran Ransomware, peretas akan memeriksa proses dan layanan yang terkait dengan program keamanan. Jika di temukan, program di nonaktifkan sebelum melanjutkan proses infeksi.

Cara Menghapus Virus Malware di Android

Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengunduh aplikasi antivirus dari Google Play Store. Yang sering direkomendasikan untuk secara efektif menghapus malware di Android adalah AVG, Avast, ESET, dan Kaspersky.

Cukup pilih salah satu dari mereka kemudian pindahkan ponsel cerdas Anda. Jika Anda menemukan masalah, ketuk “Hapus” atau “Atasi”. Malware yang menghuni Android Anda dapat segera hilang tanpa menjadi rumit.

Cara Menghilangkan Malware di Android Tanpa Aplikasi

cara menghilangkan malware

Jika dengan bantuan antivirus, ponsel Anda masih mengalami masalah di atas, bisa jadi malware sangat parah. Hingga dapat memblokir aplikasi antivirus untuk tidak menjalankan, mendeteksi, atau menghapusnya.

Jika demikian, Anda harus menghapusnya secara manual. Langkah-langkah untuk menghapus malware secara manual adalah sebagai berikut.

Masuk ke Safe Mode

Mengaktifkan mode aman berarti menempatkan ponsel ke dalam keadaan di mana hanya aplikasi default pabrik dan Google yang aktif.

Tekan tombol daya dan tahan untuk sementara waktu. Pada smartphone terbaru, shutdown, restart, mode darurat dan opsi mode aman muncul.

Jika opsi mode aman tidak muncul, ketuk dan tahan pop-up di layar hingga muncul pertanyaan konfirmasi untuk memasuki mode aman. Tekan OK.

Jika opsi tersebut tidak muncul, malware mungkin juga telah memblokir opsi tersebut. Berarti Anda perlu melakukan hard reset pada perangkat seluler.

Cara melakukan hard reset bervariasi pada setiap ponsel. Beberapa menekan tombol daya dan menahannya selama 10 detik atau lebih.

Ada juga yang menekan tombol volume naik & turun pada saat yang sama saat booting. Anda perlu membaca manual smartphone yang datang dengan itu ketika membelinya.

Baca Juga: Phising : Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Cara Menghindari

Penutup

Sekian artikel tentang cara menghapus malware, semoga bermanfaat!! Ishan

Baca Juga:
Avatar