Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.
                                                                     

Cara Mengatur Bandwidth Wifi Orang Lain Dengan Mudah

                       

Mengatur Bandwidth Wifi

Berbicara tentang koneksi internet, tentu saja kita tidak akan pernah terpisah dari bandwidth. karena setelah semua ukuran bandwidth yang kita terima akan mempengaruhi kecepatan akses internet yang kita dapatkan. Jika dalam satu router di gunakan untuk banyak orang maka kita perlu mengatur bandwidth wifi antar pengguna agar bandwidth lebih merata.

Terutama masalah bandwidth internet ini akan lebih jelas pada koneksi internet yang statusnya di unakan oleh banyak pengguna pada saat yang sama. seperti kafe Internet, Game Online, Lab Sekolah, atau jaringan Hotspot Wifi Gratis.

Sebenarnya, aplikasi terbaik untuk mengatur bandwidth adalah menggunakan proxy. karena proxy secara khusus di tujukan untuk pengguna internet yang ingin melakukan manajemen bandwidth dengan kuat.

Namun, bagi Anda yang memiliki bandwidth kecil, misalnya 1 Mbps, tentu saja menggunakan proxy untuk berbagi bandwidth bukanlah solusi yang tepat.

Cara Mengatur bandwidth wifi Dengan P2pover

1. Instal P2POver Terbaru.

2. Jalankan P2POver,Lalu klik Set Now.

3. Kemudian layar akan muncul meminta Anda untuk memilih jenis adaptor yang akan di gunakan. agar membuatnya lebih mudah untuk mengenali adaptor yang telah terhubung ke jaringan internet. silakan lakukan beberapa pengaturan Adaptor:
Klik Pilih Otomatis pada Silakan pilih Access Internet Mode (AIM)
Klik Pilih Otomatis di bawah Silakan pilih adapter kontrol.
Lalu klik OK.

Catatan.
Jika Adaptor dan koneksi internet terhubung dengan benar / Aktif, alamat MAC dan Mac Gateway akan muncul.

Baca Juga : Cara Ganti Mac Address

Selain itu, P2POver Software akan secara otomatis mencari adaptor yang telah terhubung ke jaringan internet. tetapi Anda juga dapat memilih adaptor mana yang ingin Anda gunakan, misalnya pada laptop, P2POver akan mendeteksi 2 adaptor, yaitu Lan Card dan Adaptor W-LAN (LAN Nirkabel).

4. Selanjutnya, silakan tekan tombol Pengaturan Schdule di Bar Menu, lalu klik Baru (N).

5. Kemudian dalam kotak Nama Jadwal, isi nama sesuai dengan keinginan Anda, dalam contoh ini saya memberikan nama Kecepatan Rendah , lalu klik kanan pada kolom di bawah ini (kolom berisi garis) lalu klik Pilih Semua (A) .

Kemudian kolom akan secara otomatis berubah menjadi Biru, kemudian untuk menutup dialog Pengaturan Jadwal, silakan klik OK.

Pada titik ini proses pembuatan Pengaturan Jadwal telah selesai. tujuan membuat Pengaturan Jadwal adalah untuk memudahkan Anda untuk mengelompokkan pembatasan bandwidth. jadi Anda harus membuat Pengaturan Jadwal lebih dari satu nama.

Misalnya, Kecepatan Rendah, Kecepatan Tinggi, Kecepatan Penuh, Kecepatan Turun, dan sebagainya, untuk cara membuat Pengaturan Jadwal, silakan ulangi langkah-langkah nomor 4 ke nomor 5.

Membuat Pengaturan Batasan Kecepatan

6. Selanjutnya kita masuk ke dalam proses pembuatan Pengaturan Aturan. pada tahap ini kita akan membuat pengaturan kecepatan untuk Upload / Outgoing dan Download / Incoming .

Dan untuk mempermudah distribusi bandwidth, kita harus mengelompokkannya sesuai dengan nama Pengaturan Jadwal, langkah berikutnya, silakan klik Pengaturan Aturan pada bilah menu lalu klik Baru (N).

7. Kemudian di kotak Silakan Masukkan nama Aturan , silakan buat nama pengelompokan Bandwidth (saran saya adalah untuk mempermudah untuk mengelompokkan batasan bandwidth untuk nama Pengaturan Aturan yang sama sesuai dengan nama yang di buat dalam proses Pengaturan Jadwal).

Selanjutnya, silakan pilih jumlah bandwidth yang Anda inginkan, lalu klik Berikutnya.

8. Selanjutnya muncul dialog Bandwidth, silakan tentukan jumlah nilai batasan Bandwidth, dan harap di catat bahwa batas bandwidth minimum adalah 10 KBytes / S, seperti dalam contoh di bawah ini saya memasukkan nomor Masuk dan Keluar sebagai berikut.
Masuk (Unduh) = 32 KByte / S.
Outgoing (Upload) = 512 KBytes / S.

Catatan.
Anda dapat menyesuaikannya sendiri sesuai dengan jumlah bandwidth yang tersedia, dan hanya untuk pengetahuan Anda, bahwa nilai 32 KBytes / S setara dengan 256 Kbps, lalu klik Berikutnya.

9. Kemudian dialog P2P muncul , pada tahap ini Anda dapat memblokir beberapa situs, silakan pilih sendiri, atau jika Anda tidak ingin memilih, cukup klik Berikutnya.

10. Kemudian dialog IM muncul, pada tahap ini fungsinya juga sama, yaitu pemblokiran, jika Anda tidak ingin memilih cukup klik Berikutnya.

11. Kemudian dialog HTTP / FTP muncul, cukup klik Berikutnya, atau jika Anda ingin mencantumkan ekstensi file HTTP yang ingin Anda blokir, silakan klik Baru (N) , sementara untuk memblokir ekstensi FTP, silakan klik Baru (E) .

12. Kemudian dialog WWW muncul, karena saya tidak memblokir situs sama sekali, maka saya memilih Di batasi Dengan Aturan lalu pilih Daftar Hitam. lalu letakkan tanda centang pada Daftar Url Aktif dan Blokir Proksi HTTP , lalu klik Berikutnya .

13. Kemudian dialog ACL muncul, silakan klik Selesai.

Kemudian tutup semua dialog Pengaturan Aturan, dan untuk membuat batasan bandwidth yang berbeda. silakan ulangi langkah 6 hingga 13, tetapi pertama-tama Anda telah membuat daftar Pengaturan Jadwal, jika tidak, Anda harus mengulangi langkah 4 hingga 13 .

Cara P2POver Terbaru

1. Untuk menjalankan P2POver, sangat mudah, klik Pindai (gambar kaca pembesar), tunggu beberapa saat sampai daftar semua komputer aktif muncul di jaringan komputer Anda.

2. Setelah semua daftar komputer muncul, silakan klik kanan pada salah satu komputer yang muncul, lalu pilih Control All .

Perlu di catat, bahwa komputer yang mengatakan Host Lokal adalah komputer Anda atau komputer dengan P2POver di instal, dan umumnya akan secara otomatis berada di bagian atas daftar.

3. Untuk membatasi bandwidth komputer, silakan klik kanan pada salah satu komputer yang ingin Anda batasi, lalu pilih Terapkan Aturan ke Host yang di pilih .

4. Lalu pilih Aturan sesuai yang Anda inginkan, lalu klik OK. Dalam langkah ini, Anda dapat mengatur bandwidth untuk setiap komputer dengan ukuran yang berbeda sesuai dengan aturan yang telah Anda tetapkan. misalnya dalam contoh di bawah ini saya memilih Kecepatan Terbatas pada komputer Klien-01.

5. Untuk menggunakan seluruh bandwidth komputer, silakan klik kanan pada komputer anda ingin mengakhiri koneksi internet, kemudian pilih Drop Hosts di pilih .

6. Selanjutnya, langkah terakhir yang harus Anda lakukan sehingga batasan bandwidth dapat berfungsi dengan baik, silakan klik Mulai.

7. Selesai.

Sekian artikel Tentang cara mengatur bandwidth wifi Menggunakan p2pover, Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Admin IndoVaganza.com merupakan situs media terpercaya untuk masyarakat Indonesia.